ISLAM NUSANTARA - NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA

Cari Disini

SALAAMUN QOULAN MIN ROBBIRROHIIM
Perseteruan panjang ummat islam sejak wafatnya Rosululloh SAW seakan tiada habisnya, saling mengkalim ahlus sunnah wal jama'ah, dengan memproklamirkan kebenaran keyakinannya, apa sebenarnya makna kebenaran itu, dimana kebenaran itu berada, milik siapa kebenaran itu sebenarnya?dan bagaimana kita mengetahui kebenaran itu sendiri?Mengapa Rosululloh SAW sangat menghormati agama lain?Dimanakah Kebenaran Islam?Agama islam sebagai panutan atau Agama islam anutan (yang dianut)?sebuah perbedaan tipis yang menjerumuskan Ummat.......
SELAMAT DATANG di PADEPOKAN WAHYU PAMUNGKAS

WILAYAH KEKUASAAN KERAJAAN MAJAPAHIT

WILAYAH KEKUASAAN KERAJAAN MAJAPAHIT

Sudah sejak lama terjadi perdebatan seberapa luas wilayah Majapahit. Berbeda dengan Sriwijaya yang meninggalkan beberapa bukti sejarah, satu-satunya info ttg luas Majapahit di dapat dari sebuah buku yang tidak 100 persen dapat dijadikan referensi  akurasinya, apakah itu buku sejarah atau buku sastra fiksi saja.
Banyak penelitian sejarah  oleh para ahli sejarah baik yang dilakukan oleh orang luar atau orang Indonesia sendiri mengindikasikan beberapa hal, dan tidak ada satu indikasi yang akurat guna merujuk luas Kerajaan Majapahit yg sebenarnya, baik yang meliputi seluruh Nusantara atau mancanegara.
Wacana yang berkembang tentang luas Kerajaan Majapahit ada beberapa versi, versi-versi tersebut adalah sebagai berikut:
1. Wilayah Majapahit adalah sebatas Jawa Timur, Bali dan Madura saja. Sedangka wilayah2 yg disebut di Negarakertagama merupaka sebatas cita-cita Gajah Mada yg belum terwujud.
2. Wilayah Majapahit meliputi Jawa bagian timur, sedang beberapa daerah/kerajaan lain yg bertetangga hanya besifat sebagai vassal (kerajaan yg membayar tribut pada kerajaan besar lain sebagai pajak perlindungan) tetapi bukan sebagai bagian dari Majapahit.
3. Wilayah Majapahit berkisar di Jawa Timur saja, tetapi dengan armada lautnya yg kuat Majapahit memiliki daerah pengaruh yg luas seperti yg disebut di Negarakertagama. Daerah pengaruh dalam arti kerajaan2 itu mengetahui adanya Majapahit dan kemungkinan juga membayar upeti.
4. Wilayah Majapahit meliputi Asia Tenggara hingga ke Amerika latin, hal ini sedikit bukti dengan ditemukannya prasasti berupa batas wilayah (lebih tepat semacam Gerbang Desa) yang mirip dengan ke Khas-an arsitektur majapahit.
Kurangnya bukti2 (candi, prasasti, dll) membuat banyak peneliti sejarah meragukan bahwa majapahit merupakan kerajaan besar. Ia hanya merupakan kerajaan biasa diantara kerajaan2 lain di nusantara.Selain itu, tidak pernah ditemukannya pusat kerajaan Majapahit yang sesungguhnya seperti Istana kerajaan layaknya istana bogor atau istana kerajaan Jayakarta, di Padang dsb.



Bagikan artikel ini jika bermanfaat melalui: Facebook Twitter Google+
Posted by Mohammad Al Akbar, Published at 20:36 and have 0 komentar

No comments:

Post a Comment